January 2, 2014

Wahana Jelajah Angkasa


Salah satu fitur yang ada di portal Rumah belajar adalah Wahana Jelajah Angkasa. Sebenarnya fitur ini merupakan fitur pelengkap portal Rumah Belajar, namun pada perkembangannya fitur ini sangat disukai oleh para pelajar terutama pelajar SD dan SMP dikarenakan selain dapat belajar, fitur ini juga dapat membuat suatu kesan tersendiri berupa kekaguman akan banyaknya planet maupun galaksi yang ada di jagad raya ini.

Fitur ini hadir dengan kebijakan kemdikbud yang menyadari bahwa pelajar Indonesia umumnya lebih suka bermain game online daripada untuk membaca suatu artikel atau makalah ketika membuka internet.

Berdasarkan fakta tersebut, akhirnya kemdikbud melalui pustekkom membuat suatu inovasi untuk menghadirkan Wahana Jelajah Angkasa ini karena selain bermain mengeksplorasi Angkasa, melalui fitur ini pelajar juga mendapatkan pelajaran baru tentang ruang antariksa. Untuk mengadakan inovasi ini, kemdikbud bekerja sama dengan Microsoft Indonesia untuk menghadirkan fitur ini.

Fitur ini berisi tentang semua yang terkait dengan ruang antariksa, mulai dari foto-foto angkasa yang diambil oleh NASA, garis khayal antariksa, komet, galaksi, penelitian tentang benda-benda antariksa, sampai dengan rasi bintang dan presentasi para ilmuan tentang ruang antariksa.

Sayangnya, karena kemdikbud bekerja sama dengan Microsoft Indonesia maka semua fitur-fitur yang tersedia pun memakai bahasa inggris. Hal inilah yang lagi-lagi menghambat bangsa indonesia untuk bisa belajar tanpa rintangan dikarenakan sebagian besar pelajar Indonesia belum bisa mengerti bahasa Inggris walaupun telah ada pelajaran bahasa Inggris didalam kurikulum KTSP maupun kurikulum 2013 yang terbaru ini.

0 comments:

Post a Comment