December 31, 2013

Kelas Maya


Rumah Belajar merupakan salah satu produk kemdikbud dalam upaya mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet yang biasa disebut dengan e-learning.

Salah satu fitur yang terdapat pada portal Rumah Belajar adalah Kelas Maya. Kelas Maya adalah sebuah fitur yang merupakan perwujudan dari sistem pembelajaran berbasis e-learning yang dikembangkan oleh kemdikbud. Oleh karena itu, fitur Kelas Maya merupakan fitur unggulan pada portal Rumah Belajar sekaligus menjadi inti dari portal Rumah Belajar itu sendiri yakni untuk menyelenggarakan sistem pendidikan berbasis e-learning.

Mengapa fitur Kelas Maya merupakan fitur unggulan yang terdapat pada portal Rumah Belajar ini? Karena dengan fitur ini, sistem pembelajaran berbasis e-learning dapat terselenggara melalui konten-konten yang terdapat didalamnya.

Sesuai dengan namanya, fitur ini dapat menyelenggarakan sistem pembelajaran kelas tanpa batas ruang, jarak dan waktu seperti deskripsi dari e-learning itu sendiri. Didalamnya kita bisa mengikuti pembelajaran secara online tanpa harus hadir di ruangan kelas.

Didalamnya terdapat bahan belajar berupa semua jenis mata pelajaran yang disediakan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Kita bisa memilih guru mata pelajaran mana yang ingin kita lihat bahan belajarnya. Guru bisa kita pilih baik yang ada di wilayah provinsi kita maupun provinsi lain di seluruh Indonesia. Setelah selesai mempelajari bahan belajar, kita harus mengikuti kuis untuk menguji seberapa pahamkah kita terhadap pelajaran tersebut.

Kita juga bisa mengikuti interaksi seperti di dalam kelas melalui konten diskusi berkelompok. Untuk menjalankan konten diskusi tersebut, konten ini dilengkapi dengan fasilitas webcam untuk bertatap muka yang tentunya harus diinstal terlebih dahulu sebelum digunakan. Selain itu, konten ini juga dilengkapi dengan fasilitas chatting. Dan yang membuat fasilitas chatting ini lebih unggul daripada fasilitas chatting yang lain adalah chat yang dilakukan oleh siswa bisa dilihat oleh guru.

Nah, itulah konten-konten yang terdapat pada fitur Kelas Maya. Semua konten-konten yang ada berada dibawah kendali guru mata pelajaran bersangkutan. Berdasarkan konten-konten yang ada itulah mengapa fitur ini dinamakan dengan Kelas Maya.

0 comments:

Post a Comment