December 29, 2013

Latar Belakang Terbentuknya Portal Rumah Belajar



Abad 21 merupakan suatu abad dimulainya milenium ke-3 dan suatu abad yang menandai terciptanya peradaban baru dunia. Abad ke-21 ini ditandai dengan perkembangan teknologi digital di segala bidang dan juga perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Pendidikan merupakan suatu elemen penting dalam menghadapi perubahan yang terjadi pada abad ke-21. Dunia pendidikan di abad ke-21 pun menghadapi suatu tantangan baru untuk memenuhi tuntutan kemahiran/keterampilan di abad ke-21 ini.

Dengan tantangan-tantangan yang ada tersebut, maka pemerintah melalui kemdikbud mulai melakukan terobosan baru dalam memecahkan tantangan tersebut. Salah satu terobosan yang sedang dikembangkan oleh kemdikbud adalah dengan menyelenggarakan pendidikan berbasis e-learning untuk mendukung belajar mengajar.

E-learning adalah suatu sistem pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pelajar/siswa untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pembelajaran di kelas.

Salah satu perwujudan pemerintah dalam menyelenggarakan pembelajaran berbasis e-learning adalah dengan menciptakan portal Rumah Belajar. Portal Rumah Belajar adalah portal resmi milik kemdikbud yang dapat mendukung pembelajaran berbasis e-learning. Kita bisa mendapatkan sumber/bahan belajar dari portal ini. Selain itu, terdapat kelas yang diselenggarakan secara online yang dapat digunakan untuk berinteraksi bahkan bertatap muka antara pelajar dengan pengajar/guru dan antara pelajar satu sama lain.

0 comments:

Post a Comment